Jenis Vitamin Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Vitamin untuk kecantikan kulit wajah. Sebagaimana kita ketahui, vitamin adalah salah satu unsur gizi penting yang harus dipenuhi agar tubuh menjadi sehat dan bugar, termasuk di dalamnya adalah kulit dan kulit wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan terbebas dari permasalahan kulit seperti jerawat, kulit wajah perlu mendapatkan asupan vitamin yang cukup setiap harinya.

Tubuh membutuhkan banyak jenis vitamin, namun khusus kulit ... jenis vitamin yang perlu dipenuhi adalah cukup dengan vitamin A, C dan E. Ini adalah vitamin - vitamin yang cukup untuk membuat kulit menjadi sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Berikut ini  adalah jenis vitamin yang perlu dipenuhi untuk kesehatan kulit, khususnya adalah kulit wajah :

1. Vitamin A. Vitamin A Berfungsi meregenerasi kulit wajah banyak ditemukan pada produk anti-aging. Vitamin A dapat menjaga kelembaban alami kulit sehingga kulit terhindar dari masalah kerutan atau garis-garis di wajah. Ada beberapa cara perawatan kulit yang memanfaatkan kandungan vitamin A, seperti perawatan dengan masker wajah & jus wortel dan perawatan menggunakan krim kosmetik yang mengandung retinol biasanya digunakan sebagai krim malam.

2. Vitamin C. Manfaat vitamin C untuk kulit wajah yang mengandung buah-buahan sebagai bahan alami perawatan dan kecantikan kulit bermanfaat dapat mencerahkan serta melembutkan kulit serta dapat membuat struktur kolagen dalam lapisan kulit tetap terjaga dengan baik. Faktanya vitamin ini dapat menjaga elastisitas, melindungi, dan memperbaiki sel-sel kulit, sehingga tekstur dan kenampakan kulit menjadi lebih cerah. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan, yang bisa mencegah berbagai kerusakan akibat radikal bebas, termasuk zat kimia berbahaya, polusi, dan asap rokok, sehingga membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Untuk produk perawatan kulit yang mengandung vitamin dapat digunakan dua kali sebagai krim pagi dan sore sebagai pelindung dari sinar UV.

3. Vitamin E. Mungkin teman - teman sudah sering mendengar tentang manfaat vitamin E, Vitamin E juga sangat baik bagi kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari beragai serangan virus atau penyakit yang bisa menyebabkan kulit menjadi rusak atau jamur. Selain itu kombinasi vitamin E dan minyak zaitun dapat menghilangkan bekas jerawat. Vitamin E banyak digunakan untuk produk perawatan kulit sebagai pelembab untuk menghindari kulit kering dan kasar. Hindari produk yang mengandung vitamin E jika wajah Anda termasuk tipe kulit berminyak untuk menghindari timbulnya jerawat.


Kebutuhan vitamin untuk kesehatan kulit dapat dipenuhi secara alami yaitu dengan mengkonsumsi buah atau sayuran tertentu yang banyak mengandung vitamin. Ini adalah salah satu cara merawat wajah secara alami, tentunya dalam setiap buah tidak hanya mengandung satu macam vitamin saja, sehingga dengan mengkonsumsi buah atau sayuran tertentu kita tidak hanya merawat kesehatan kulit dan kulit wajah tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin lainnya untuk kesehatan tubuh.



BUAH - BUAHAN DAN SAYURAN YANG MENGANDUNG VITAMIN A

Beberapa buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A diantaranya adalah :

Apel. Buah apel banyak mengandung vitamin. Misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C. Buah apel juga banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Selain vitamin dan mineral, buah apel banyak mengandung serat, sehingga apel cocok untuk orang yang sedang diet. Serat bisa menunda rasa lapar datang lebih cepat. Serat berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat di dalam tubuh sebelum akhirnya dibuang.

Pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin A. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan tubuh, dan sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat. Salah satu kelebihan pisang yaitu mudah dicerna, sehingga pisang merupakan sumber tenaga yang cepat dan baik. Selain itu, pisang juga dapat membantu menghilangkan rasa capek setelah bekerja atau berolah raga.

Pepaya. Pepaya mengandung sejumlah vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Buah pepaya bermanfaat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan.

Tomat. Tomat adalah buah yang “aneh”. Orang banyak yang lebih suka menggolongkan tomat sebagai “sayuran” daripada sebagai “buah”. Apapun, tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin A dan juga vitamin C. Kandungan vitamin A nya mencapai 1600 IU, sehingga tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan kandungan vitamin C pada tomat dapat mencapai 35 mg. Tomat yang berukuran sedang, sedikitnya terkandung 30 kalori di dalamnya. Tomat juga sangat baik untuk memelihara kesehatan gusi dan mempercepat kesembuhan luka.

Wortel. Wortel sudah lama terkenal sebagai sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Wortel sangat baik bagi kesehatan indera penglihatan. Selain itu, wortel juga dapat menurunkan hipertensi dan mengurangi nyeri saat menstruasi. Wortel juga bisa untuk menghaluskan kulit wajah karena wortel pun ternyata dapat dibuat sebagai masker wajah alami.

Bayam. Bayam merupakan sumber vitamin A yang baik. Bayam mengandung beta karoten yang hampir setara dengan wortel. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang tinggi. Bayam yang berwarna tua sangat baik bagi kesehatan mata. Manfaat bayam lainnya misalnya melawan infeksi yang menyerang tubuh, memicu pertumbuhan, sebagai antioksidan, dan bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Bagi yang sedang bermasalah dengan ginjal dapat mengkonsumsi bayam dengan cara direbus.

Labu kuning. Labu kuning banyak mengandung vitamin A. Labu kuning juga  baik bagi kesehatan pencernaan, ini juga baik untuk dikonsumsi penderita sakit maag.


BUAH DAN SAYURAN YANG MENGANDUNG VITAMIN C

Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C adalah sebagai berikut :

vitamin untuk kecantikan kulit wajah


Jambu biji. Buah ini sangat banyak mengandung vitamin C, bahkan yang tertinggi di antara daftar buah disini. Dalam 1 buah Jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 250 mg vitamin C.

Jeruk. Buah jeruk Cukup terkenal sebagai buah yang mengandung vitamin C. Dalam 1 buah jeruk ukuran sedang mengandung 50-70 mg vitamin C, setara dengan kebutuhan vitamin C perhari.

Kelengkeng. Buah yang memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan ini juga mengandung vitamin C yang tak kalah dibanding jeruk, karena dalam 100 mg buah kelengkeng mengandung 84 mg vitamin C.

Apel. Merupakan sumber vitamin C, walupun tidak seberap, yakni dalam 100 gram buah apel terdapat 5 mg vitamin C. Namun, banyak kandungan lain dari apel yang sangat berguna karena kaya akan flavonoid yang merupakan antioksidan yang memiliki mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan kanker.

Stroberi. Secangkir stroberi mengandung 84,7 mg vitamin C, selain itu stroberi juga kaya akan asam folat dan senyawa lain yang penting untuk meningkatkan kesehatan jantung. Dan tahukah Anda, manfaat stroberi lainnya yaitu dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

Nanas. Buah ini merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C, yakni dalam satu cangkir mengadung setidaknya 78,9 mg vitamin C, selain itu nanas juga mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung.

Kiwi. Dalam 2 buah kiwi ukuran sedang mengandung 137,2 mg vitamin C. Selain itu kiwi juga kaya akan kalium dan tembaga yang penting untuk kesehatan tubuh.

Mangga. Dalam 100 mg buah mangga mengandung 28 mg vitamin C. Mangga juga merupakan sumber vitamin A, yang seperti vitamin C memainkan peran penting dalam imunitas dan baik untuk kesehatan mata.

Tomat Dalam 100 mg tomat yang telah dimasak mengandung 22,8 mg vitamin C. Maka tak heran, banyak orang ta dahulu menganjurkan banyak makan tomat untuk mengobati sariawan akibat kekurangan vitamin C.

Markisa Buah yang memiliki nama ilmiah Passiflora edulis ini juga mengandung vitamin C yang tak kalah dibanding tomat, karena dalam 100 mg buah markisa mengandung 30 mg vitamin C.

Melon Melon juga merupakan salh satu buah yang mengandung vitamin C. Hanya dengan satu cangkir melon akan menyediakan sekitar 67 mg vitamin c, ditambah lagi banyak vitamin A dan kalium yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

Anggur Dalam 100 mg buah anggur merah (pink) mengandung 31,2 mg Vitamin C. Selain itu, anggur merah juga mengandung zat besi, kalium, serat dan antioksidan.

Pir. Buah pir yang mudah ditemukan di toko buah ini juga merupakan sumber vitamin C, walaupun kadarnya tak seberap yaitu 4,3 mg dalam setiap 100 mg nya.

Alpukat Dalam 100mg buah alpukat mengandung 10 mg vitamin C. Di samping itu alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, mengandung zat besi dan vitamin E.

Sawo Buah yang memiliki nama ilmiah Manilkara zapota ini dan sering didentikkan dengan warna kulit, ternyata juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Karena dalam setiap 100 mg buah sawo mengandung 15 mg vitamin C. 


Semangka Buah segar yang kaya air ini juga kaya akan vitamin C, dalam setiap 100 mg semangka setidaknya mengandung 10 mg vitamin C.




BUAH YANG MENGANDUNG VITAMIN E

Alpukat. Buah yang mengandung Vitamin E yang paling banyak adalah alpukat. Lemak yang dikandung alpukat adalah lemak baik yang juga dapat membantu kerja jantung dan menjaga struktur pembuluh darah Anda.

Pepaya. Tidak hanya baik bagi pencernaan, ternyata buah pepaya juga merupakan buah yang mengandung Vitamin E. Satu buah pepaya sedang akan memenuhi 17% kebutuhan Vitamin E harian Anda.

Mangga. Satu buah mangga berukuran sedang dapat memenuhi 10% kebutuhan Vitamin E harian Anda. Mangga juga memberikan Vitamin C dan antioksidan yang tak kalah pentingnya dan diperlukannya di tubuh Anda.

Kiwi. Kiwi mengandung Vitamin E yang dibutuhkan tubuh dan 1 buah kiwi berukuran sedang memberikan 10% kebutuhan Vitamin E harian Anda. Selain Vitamin E, buah kiwi juga mengandung banyak Vitamin A, Vitamin C serta mineral baik yang dibutuhkan tubuh.

Tomat. Selain mengandung banyak Vitamin C, antioksidan yang baik dan Vitamin A, tomat juga merupakan buah yang mengandung Vitamin E. Mengonsumsi 2 butir tomat akan memenuhi kebutuhan Vitamin E harian Anda sebanyak 10%. Buah tomat juga dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker prostat. Jadi jangan ragu untuk menambahkan tomat di makan harian Anda.

Buah Berry. Buah yang termasuk ke dalam keluarga berry merupakan buah yang mengandung Vitamin E. Beberapa contoh buah berry adalah cherry, strawberry, blueberry dan blackberry. Di antara semua jenis berry, blackberry lah buah yang mengandung Vitamin E terbanyak. Satu gelas blackberry dapat memenuhi 10% kebutuhan Vitamin E harian Anda.

Jambu Batu. Satu gelas jambu batu segar dapat memenuhi kebutuhan harian Vitamin E sebanyak 8%. Buah yang mengandung Vitamin E ini pun dapat memberikan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K dan mineral lain yang diperlukan oleh tubuh.


Untuk mendapatkan manfaat vitamin yang terkandung dari bahan - bahan di atas, kita tidak perlu mengkonsumsinya sekaligus hingga berlebihan, walaupun sedikit tapi kalau rutin ... itu sudah memberi manfaat positif untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

0 Response to "Jenis Vitamin Untuk Kecantikan Kulit Wajah"

Posting Komentar