Masker Alami Yang Tepat Untuk Kulit Wajah Kering

Masker alami untuk kulit kering. Jika wajah anda jenis kulit kering, berikut ini adalah masker wajah alami yang terbukti bagus untuk perawatan kulit wajah kering.

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda satu sama lain sehingga cara melakukan perawatan pun berbeda. Merawat wajah tanpa menyesuaikan dengan jenis kulit akan berakibat buruk pada kulit wajah. Masker adalah salah satu metode dalam perawatan wajah yang umum dilakuka. Membuat masker alami untuk kulit kering juga harus menggunakan bahan - bahan yang sesuai dan cocok untuk kulit wajah kering.

Masker wajah alami untuk kulit kering dapat dibuat dengan memanfaatkan buah atau sayuran tertentu yang kandungannya cocok untuk kulit wajah kering, seperti : buah pisang, labu, alpukat, tomat, bengkoang, mentimun dan lidah buaya. Bahan masker kulit kering tersebut, walaupun terkesan sederhana namun khasiatnya tidak diragukan lagi.


CARA MEMBUAT MASKER WAJAH UNTUK KULIT KERING

1. Masker kulit kering dari pisang. Buah yang satu ini dikenal luas sebagai bahan masker alami untuk kulit kering yang bagus. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah satu atau dua buah pisang susu masak tergantung kebutuhan dan satu sendok makan minyak zaitun. Lumatkan pisang susu hingga hancur dan tambahkan minyak zaitun. Aduk hingga merata dan oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan masker selama lebih kurang 20 menit lalu bilas wajah hingga bersih. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pisang berkhasiat untuk menyegarkan dan melembabkan kulit wajah kering.

2. Masker kulit kering dari alpukat. Bahan selanjutnya untuk membuat masker alami untuk kulit kering adalah alpukat. Kandungan lemak nabati yang tinggi pada setiap buah alpukat cocok dijadikan bahan dasar untuk membuat masker wajah alami untuk kulit wajah kering. Cara membuat masker alpukat untuk wajah sangat mudah. Pilihlah buah alpukat mentega yang masak kemudian haluskan dengan blender dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas wajah hingga bersih. Masker alpukat sangat sesuai untuk merawat kulit wajah yang kering dan kusam karena mempunyai efek melembabkan. Baca juga : cara memutihkan wajah secara alami

3. Masker kulit kering dari labu. Bahan sayuran ini juga dikenal sebagai bahan masker kulit kering yang banyak dipakai. Dalam daging buah labu terdapat senyawa zinc yang dapat membuat warna kulit menjadi lebih cerah. Bahan-bahan yang harus Anda sediakan untuk membuat masker ini adalah labu yang telah diparut secukupnya, putih telur ayam kampung yang telah dikocok hingga berbusa, dan satu sendok teh madu murni. Campur semua bahan, aduk hingga merata, dan oleskan pada wajah dan leher Anda. Diamkan selama 20 menit lalu bilas wajah hingga bersih. Anda bisa mencoba sendiri masker wajah alami untuk kulit kering ini.

4. Masker kulit kering dari Tomat. Selain digunakan untuk sayuran, tomat juga efektif untuk dimanfaatkan sebagai masker wajah alami untuk kulit kering. Masker tomat juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Untuk membuat masker kulit kering, siapkan tomat yang telah dibersihkan, lalu potong-potong dan blender hingga halus. Kemudian tomat yang telah halus tadi dioleskan ke wajah seperti halnya menggunakan masker wajah alami lainnya seperti di atas. Biarkan selama 15 hingga 30 menit, dan bersihkan menggunakan air hingga bersih. Lakukan cara tersebut 3 sampai 4 kali seminggu, agar kulit wajah yang kering segera menjadi lembab.

5. Masker kulit kering dari Lidah buaya. Lidah buaya adalah bahan dari alam yang dapat digunakan untuk membuat masker alami untuk kulit wajah kering. Caranya siapkan lidah buaya lalu ambil gel atau air yang terdapat di dalamnya. Setelah itu oleskan cairan atau gel tersebut secara merata ke seluruh wajah. Diamkan hingga mengering, lalu bilaslah menggunakan air bersih. Lakukan cara ini 3 kali seminggu, agar kulit wajah yang kering menjadi lembab kembali.

6. Masker kulit kering dari mentimun. Masker alami untuk kulit kering yang terakhir adalah menggunakan bahan dasar mentimun. Caranya siapkan satu buah mentimun lalu di potong-potong dan blender hingga halus. Setelah halus oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Oleskan pada wajah hingga merata dan biarkan hingga 15 sampai 20 menit, kemudian bersihkan menggunakan air hingga bersih.

7. Masker kulit kering dari Bengkoang. Masker alami untuk kulit wajah kering dengan bahan dasar bengkoang juga populer di tengah masyarakat kita. Untuk membuat masker bengkoang  untuk kulit kering, caranya mudah sekali :  siapkan bengkoang yang telah dibersihkan dari kulitnya. Setelah itu potong-potong bengkoang dan haluskan menggunakan blender. Setelah halus, oleskan ke wajah hingga merata dan sampai ke leher. Kemudian biarkan hingga mengering atau tunggu 15 sampai 30 menit. Lalu bersihkanlah wajah menggunakan air bersih. Anda dapat melakukan cara ini 3 kali selama seminggu, agar kulit yang kering dapat segera teratasi.


TIPS TAMBAHAN UNTUK KULIT WAJAH KERING
Kulit wajah yang kering harus dirawat dengan tepat agar tidak bertambah kering. Berikut ini adalah hal - hal yang harus diperhatikan dalam merawat kulit wajah kering :

1. Gunakan sabun pelembap. Penyebab kulit kering memang sangat bervariasi. Salah satu
masker alami untuk kulit kering
yang paling sering menyebabkan seseorang mengalami gangguan ini adalah sabun yang kurang cocok. Terutama jika sabun badan kamu gunakan untuk muka. Oleh sebab itu, mulai sekarang pastikan menggunakan sabun yang mengandung pelembap untuk menjaga kesegaran kulit. Apalagi khusus untuk sabun wajah, sebaiknya pilih yang mengandung tinggi pelembap.

2. Pakai pelembap setelah mandi. Menggunakan sabun berpelembap saja terkadang tidak cukup. Bila perlu, gunakan pelembap setelah mandi. Penggunaan pelembap kulit setelah mandi ini akan membantumu mengatasi kulit kering sepanjang hari, apalagi ketika cuaca berubah-ubah seperti sekarang ini. Ini sangat membantu seperti halnya pembuatan masker alami untuk kulit kering.

3. Memilih pelembab wajah yang bagus, yaitu yang sesuai untuk kulit kering. Pilih pelembab berbahan dasar minyak (oil-based) dan mengandung berbagai bahan yang membantu menjaga kulit lembab. Misalnya pelembab berbahan dasar petrolatum sangat cocok untuk kulit yang sangat kering atau kulit pecah-pecah.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh. Pada dasarnya tubuh kita terdiri 70 % lebih dari cairan. Apabila cairan dalam tubuh berada di bawah nomal atau kurang, maka akan mengakibatkan kulit menjadi kering, bersisik, pecah-pecah, dan bahkan lebih parah lagi. Untuk mengatasinya kamu bisa memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya para ahli merekomendasikan agar kita mengonsumsi minimal 2 -3 liter air putih sehari.

5. Hindari paparan sinar matahari. Meskipun kamu menggunakan lotion pelembap yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari (sun block), sebaiknya hindari kulit terpapar panas matahari secara langsung dalam waktu yang lama secara langsung.
Paparan sinar ultraviolet sangat buruk bagi kulit. Tak hanya menyebabkan kulit kering dan bersisik saja, tapi juga dapat menimbulkan kanker kulit.

6. Hindari asap rokok. Merokok tidak hanya berbahaya untuk paru-paru saja. Sebuah studi penelitian di Harvard University membuktikan asap rokok dapat mencuri kelembapan di kulit, sehingga membuat kulit menjadi kering, kusam, dan pecah-pecah. Selain berhenti merokok, kamu juga harus menghindari asap rokok. Karena asap rokok dapat menghambat produksi kelenjar minyak di kulit.

7. Olahraga secara rutin.  Hampir 50 % penderita kulit kering jarang melakukan olahraga. Keluarnya keringat saat berolahraga sebetulnya cukup baik untuk melembapkan kulit secara alami. Hanya dengan jogging, sepeda santai, yoga, dan jalan sehat setiap pagi hari minimal 30 menit saja akan membuat kulit serta tubuh tetap sehat.

8. Terapkan pola hidup sehat .  Bagi anda  yang menderita kulit kering, sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi vitamin E, vitamin C, asam folat, dan kolagen. Buah dan sayur segar sangat direkomendasikan sekali untuk menutrisi kulit dari dalam. Beberapa buah yang disamping sangat  baik untuk dibuatmasker alami untuk kulit kering, juga dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain seperti buah jambu biji, buah jeruk, buah naga, buah stroberi, buah kiwi, alpukat. Sebagai nutrisi tambahan, kamu bisa juga mengonsumsi madu.

Mengatasi kulit wajah kering memang tidak sekedar memakai masker wajah alami yang khusus untuk kulit wajah kering, ada hal lain yang berpengaruh dengankelembapan kulit wajah yang juga harus dipertimbangkan untuk dilakukan.

0 Response to "Masker Alami Yang Tepat Untuk Kulit Wajah Kering"

Posting Komentar