Tips Memilih Pelembab Wajah Yang Bagus Sesuai Jenis Kulit

Pelembab wajah yang bagus. Berikut ini tips cerdas memilih pelembab yang bagus yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda.

Memilih pelembab untuk kulit wajah merupakan bagian dari cara merawat wajah  yang penting karena kita tahu jenis kulit wajah setiap orang berbeda - beda sehingga jenis produk dan cara perawatannya pun berbeda - beda. Penggunaan produk yang tidak sesuai dengan peruntukan jenis kulit tentu akan berakibat buruk pada kulit wajah. Pelembab wajah yang bagus tentunya dapat bersahabat dengan tipe atau jenis kulitnya.

Kulit wajah yang berminyak tentu tidak tepat bila memilih pelembab wayang yang mengakibatkan kulit wajah bertambah berminyak. Begitu juga dengan wajah yang jenis kulitnya kering, tentu salah jika memilih pelembab wajah yang dapat membuat kulit wajah menjadi bertambah kering. Pelembab wajah yang bagus adalah pelembab yang dapat mengontrol minyak dan tingkat kekeringan pada kulit wajah, sehingga kelembaban yang ideal dapat terjaga.

Lalu bagaimana memilih pelembab wajah yang bagus ?   berikut ini adalah tips memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah kita :


PELEMBAB WAJAH YANG BAGUS UNTUK KULIT NORMAL
  
Pada jenis kulit wajah normal, tingkat kelembapan alami kulit sudah cukup baik. Karenanya pemilik jenis kulit wajah ini membutuhkan pelembap sekadar untuk membantu mempertahankan kelembapan alami kulit. Jadi, disarankan memilih pelembap wajah berbahan dasar air. Karena teksturnya ringan dan nggak lengket di kulit, pelembap ini akan membuat wajahmu lebih lembap tanpa bikin kulit terasa berminyak.


PELEMBAB WAJAH YANG BAGUS UNTUK KULIT BERMINYAK

Bagi anda yang kulit wajahnya berminyak ada beberapa hal dalam memilih pelembab yang tepat untuk kulit wajah berminyak :
  • Water Based. Selain mengandung bahan alami yang mampu melembabkan kulit wajah, pelembab untuk kulit berminyak sebaiknya yang water-based. Jadi, kandungan air ini yang akan membuat kulit wajah tetap lembab tanpa harus menyebabkan wajah berminyak.
  • Memiliki Bahan yang Dapat Mengontrol Produksi Minyak Wajah. Pelembab wajah untuk kulit berminyak yang mengandung ekstrak tea tree oil juga dapat menjadi nilai lebih. Tea tree oil mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Tak hanya itu, ekstrak minyak alami ini juga memiliki kandungan anti bakteri yang bermanfaat untuk mengurangi jerawat. Kulit wajah yang berminyak rentan mengalami jerawat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk memilih pelembab yang mengandung ekstrak tea tree oil untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat.
  • Bebas Kandungan Minyak. Ketika memilih pelembab untuk kulit berminyak, perhatikan komposisinya. Pilihlah yang oil free atau bebas kandungan minyak. Pada beberapa produk skincare, minyak ini berfungsi sebagai pelembab, namun tentu saja kandungan ini tidak sesuai untuk jenis kulit berminyak. Pelembab yang oil based akan memicu timbulnya minyak berlebih pada wajah, sehingga akan membuat wajah mengkilap dan greasy. Banyaknya minyak pada wajah akan menjadi penyebab jerawat. Sebagai gantinya, pilihlah pelembab yang memiliki kandungan alami seperti aloe vera yang mampu melembabkan kulit tanpa membuatnya semakin berminyak. Baca juga : cara mengatasi wajah berminyak dan kusam
  • Non-Comedogenic. Penting juga untuk memperhatikan karakteristik produk pelembab untuk kulit berminyak. Pelembab untuk kulit berminyak yang bersifat non comedogenic cenderung lebih aman digunakan, karena partikel-partikelnya tidak akan menyumbat pori-pori mu. Pemilik kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori kulit yang lebih besar, sehingga rawan mengalami penyumbatan pori-pori akibat debu, kotoran, dan juga partikel kosmetik. Pori-pori yang tersumbat inilah yang kemudian akan berkembang menjadi komedo hingga jerawat.


PELEMBAB WAJAH YANG BAGUS UNTUK KULIT KERING

Jenis kulit wajah anda kering?  berikut ini kriteria pelembab wajah yang bagus yang sesuai dan tepat untuk kulit wajah kering :
  • Pilih pelembab yang memiliki kandungan minyak yang tinggi.Kulit wajah yang kering
    pelembab wajah yang bagus
    disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain udara yang rendah, ruangan ber AC, kebiasaaan merokok, dan mandi air panas. Faktor-faktor tersebut berpotensi membawa pengikisan minyak yang dibutuhkan untuk melindungi wajah. Akibatnya, kulit terlihat kering dan banyak bakteri yang masuk menjadi penyebab kulit terlihat kasar dan bersisik. Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih pelembab yang mengandung minyak tinggi. Hal ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi kulit wajah sehingga bisa tampak cerah dan terlihat lebih sehat. 
  • Namun hal tersebut hanya berlaku untuk kulit yang memiliki tingkat kekeringan wajah yang cukup parah. Jika tergolong ringan, Anda bisa menggantinya dengan pelembab wajah  yang mengandung sedikit minyak, tetapi banyak kandungan air.


PELEMBAB WAJAH YANG BAGUS UNTUK JENIS KULIT KOMBINASI

Ada banyak kasus, orang yang memiliki jenis kulit campuran ... yaitu sebagian kering dan sebagian berminyak. Misalnya  kulit berminyak pada hidung, daerah dekat mata atau sekitar dagu. Namun, area sekitar pipi tampak kering bahkan memiliki banyak sisik.
Jika wajah anda termasuk ke dalam kriteria ini, pelembab wajah yang bagus untuk jenis kulit ini tidak bisa diatasi dengan satu pelembab saja. Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan 2 macam pelembab. Pertama, pelembab yang cocok untuk kulit berminyak dan kedua pelembab untuk kulit kering. Cara penggunaannya adalah mengoleskan pelembab sesuai dengan keadaan kulit wajah yang diderita, tidak sembarangan.


PELEMBAB WAJAH YANG BAGUS UNTUK KULIT SENSITIF

Banyak orang memiliki jenis kulit yang sensitif sehingga sering tidak cocok dengan berbagai jenis pelembab. Untuk memilih pelembab wajah yang bagus dan aman untuk kulit sensitif adalah pertama dengan memperhatikan komposisi bahan-bahannya. Jauhi pelembab yang memiliki kandungan beberapa bahan yang menyebabkan munculnya alergi seperti pewangi. Pelembab untuk kulit peka baiknya diambil yang memiliki kandungan beberapa bahan yang menentramkan kulit seperti chamomile, lidah buaya.

Jika dipikir, untuk memilih pelembab wajah yang bagus sepertinya agak ribet, namun jika anda sudah mengenali jenis kulit wajah anda tentu tinggal menyesuaikan saja. Yang susah adalah jika orang tidak memahami jenis kulit wajahnya, sehingga dalam memilih pelembab wajah ... mereka bisa sembarangan. Jika merasa tidak cocok tentu akan gonta - ganti, inilah yang berakibat buruk pada kulit wajah.

0 Response to "Tips Memilih Pelembab Wajah Yang Bagus Sesuai Jenis Kulit"

Posting Komentar