Perawatan Wajah Berjerawat Yang Tepat Bikin Wajah Mulus Kembali



Perawatan wajah berjerawat. Berikut ini adalah cara paling tepat dalam perawatan wajah berjerawat. Wajah kembali mulus.

Wajah berjerawat sudah menjadi permasalahan nasional bagi pria dan wanita, kondisi ini memang membuat mereka menjadi hilang percaya diri. Tidak heran jika banyak orang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit dalam melakukan perawatan wajah berjerawat yang penting kulit wajah menjadi mulus kembali.

Mengatasi persoalan jerawat sebenarnya tidak hanya bagaimana menggunakan obat jerawat yang tepat, lain dari itu ... ada banyak hal yang harus diperhatikan dan harus dilakukan selama perawatan wajah yang berjerawat. Lebih jauh lagi tentunya ditujukan untuk mencegah jerawat tumbuh kembali.

Persoalan perawatan wajah juga tidak melulu dilakukan wanita, ini juga menjadi masalah pria yang ingin tampil sempurna dengan wajah yang menarik. Untuk itu pria dan wanita memiliki kepentingan yang sama dalam melakukan perawatan wajah berjerawat. Lalu bagaimana melakukan perawatan wajah yang tepat sehingga jerawat hilang dan tidak lagi berjerawat? baca juga : cara memutihkan wajah secara alami
Berikut ini beberapa tips cara merawat wajah berjerawat secara alami yang dapat menjadi solusi bagi anda :

1. Perhatikan kebersihan kulit wajah. Ini merupakan cara merawat wajah berjerawat yang wajib sekali harus anda perhatikan, usahakan kulit wajah yang berjerawat selalu terjaga kebersihannya yang meliputi :
  • Hindari debu menempel pada wajah berjerawat
  • Hindari kotoran menempel pada wajah berjerawat
  • Hindari polusi menempel pada wajah berjerawat
  • Selalu bersihkan wajah anda jika terdapat debu, kotoran dan polusi yang menempel pada wajah anda.
  • Usahakan secara rutin membersihkan wajah pada pagi dan sore hari sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.
2. Perhatikan faktor makanan. Jika anda serius dalam perawatan wajah berjerawat, kurangilah konsumsi makanan mengandung minyak berlebih seperti gorengan. Gorengan dapat mempengaruhi minyak berlebih di wajah anda. Apalagi jika anda pemilik wajah berminyak, maka ini akan mengundang jerawat dan juga komedo. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan air putih.

3. Gunakan pembersih wajah yang tepat. Di sini tidak berbicara merk, namun pada intinya adalah memilih produk pembersih wajah yang paling cocok untuk jenis kulit wajah anda dan bebas dari bahan berbahaya.

4. Jaga kebersihan bantal, sprei, dan handuk. Tentu anda berpikir, apa hubungannya dengan wajah berjerawat?  Bantal dan handuk adalah dua benda yang sering kita gunakan dan kontak langsung dengan wajah. Anda harus mengganti sarung bantal minimal 1 kali seminggu agar bakteri-bakteri di sarung bantal tidak menganggu wajah. Selain itu, gunakanlah handuk yang berbeda untuk tubuh dan wajah. Menggunakan satu handuk untuk kedua anggota tubuh tersebut dapat membuat wajah anda berjerawat sebab bakteri tubuh akan kontak dengan wajah.

5. Bersihkan wajah setelah bepergian. Cara pertama yang harus anda lakukan dalam merawat wajah berjerawat adalah dengan rajin membersihkan wajah anda dengan teratur, terutama setelah anda bepergian. Kotoran yang menempel di wajah anda dapat menjadi penyebab wajah berjerawat.

6. Lakukan perawatan wajah alami. Banyak sekali jenis perawatan yang dapat dilakukan untuk wajah berjerawat, seperti menggunakan masker alami untuk wajah. Misalnya anda dapat menggunakan masker seperti masker bengkuang dan mentimun.

7. Sembuhkan jerawat dengan madu. Madu telah dipercaya ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Menggunakan madu untuk merawat muka bukanlah tanpa alasan, karena madu mengandung zat alami yang mampu mengatasi peradangan di kulit akibat dari jerawat. Caranya : bersihkan wajah sebelum mengaplikasikan madu, lalu oleskan madu pada jerawat anda. Tunggulah selama 30 menit sebelum anda membilasnya dan lakukanlah cara ini dengan rutin sampai jerawat anda menghilang.

8. Rajin konsumsi air putih. Cara yang terakhir dalam perawatan wajah berjerawat adalah dengan rajin minum air putih minimal 8 gelas per hari. Air putih tanpa disadari memiliki peranan yang sangat penting untuk kulit. Secara alami juga tubuh akan dapat menyembuhkan jerawat dengan mengonsumsi air putih secara teratur.


JANGAN LAKUKAN INI SAAT PERAWATAN WAJAH BERJERAWAT

Di atas adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam merawat wajah, namun ada juga beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan ketikan wajah berjerawat :

1. Hindari kosmetik berat. Selanjutnya dalam perawatan wajah berjerawat adalah dengan
perawatan wajah berjerawat
menghindari kosmetik berat seperti halnya fondation dan bedak padat. Apabila anda menggunakan make up maka anda harus membersihkannya dengan benar dan baik. Selain itu, apabila anda memang terpaksa harus menggunakan make up maka jangan gunakan fondation dan bedak padat yang dapat menyumbat pori-pori wajah anda. Gantilah bedak padat dengan bedak tabur yang aman untuk anda gunakan.
 
2. Mencoba banyak produk sekaligus. Terlalu banyak menggunakan produk secara sekaligus bisa membuat kulitmu rentan iritasi. Ini tidak direkomendasikan saat anda melakukan perawatan wajah berjerawat. Hindari terlalu banyak coba-coba dan bijaklah memilih produk.

3. Mencuci wajah terlalu sering. Saat kulit wajah telanjur bermasalah, biasanya secara tak sadar kita akan merawatnya secara berlebihan. Mencuci wajah terlalu sering misalnya. Ketika dilakukan lebih dari dua kali dalam sehari, mencuci wajah justru bisa memicu kulit menjadi kering sehingga wajah terlihat kusam. Jadi, hindari kebiasaan ini supaya wajahmu tetap sehat, ya.

4. Hindari scrubbing saat perawatan wajah berjerawat. Banyak orang sering kali memilih scrubbing sebagai cara menghilangkan noda bekas jerawat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Walaupun ini termasuk langkah perawatan, namun penting diingat, kondisi kulit wajah yang sedang berjerawat itu berbeda, dengan kulit normal. Area kulit yang tengah ditumbuhi jerawat jadi lebih sensitif dan mungkin meradang. Scrubbing dapat memicu peradangan dan infeksi akibat jerawat melebar. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari scrubbing saat wajah sedang berjerawat.

5. Memencet jerawat. Kebiasaan ini terkadang tidak kita sadari, mungkin karena perasaan gemas dan tidak sabar dengan obat jerawat bekerja ... ingin segera menghilangkan jerawat. Memencet jerawat hanya akan membuat peradangan pada kulit semakin parah, dan noda bekas luka yang ditinggalkannya biasanya akan makin sulit dihilangkan.

6. Hindari makanan berlemak. Ini tidak asing lagi dalam perawatan wajah berjerawat, makanan berminyak akan memicu produksi minyak di wajah anda dalam waktu yang cepat. Ada baiknya anda pengganti makanan tersebut dengan buah-buahan segar serta sayur-mayur yang sudah jelas dan tepat dan baik untuk kulit. Kandungan vitamin dalam buah-buahan dan sayuran akan memberikan banyak manfaat untuk kulit anda

7. Hindari membersihkannya dengan tangan. Jika anda peduli dengan perawatan wajah, tentu tidak akan melakukannya, apalagi saat wajah berjerawat. Untuk membersihkan wajah yang berminyak sebaiknya anda menggunakan tisu atau lap yang bersih untuk menggantikannya. Karena tangan merupakan sumber utama penyebaran kuman penyebab jerawat di wajah anda. Selain itu, anda juga dapat menggunakan kain dengan bahan yang memiliki tekstur lembut serta penyerap minyak.

8. Hindari produk perawatan wajah yang mengandung bahan berbahaya. Pemilihan produk perawatan wajah yang benar juga menjadi salah satu solusi dan memberikan banyak pengaruh pada kesehatan kulit wajah anda, apalagi jika wajah berjerawat ... tentu harus hati - hati. Baca juga : cara merawat wajah


JENIS MAKANAN YANG HARUS DIHNDARI SAAT BERJERAWAT

Dalam perawatan wajah berjerawat juga harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari jenis makanan yang dapat memperburuk kondisi wajah. Berikut ini adalah jenis makanan yang harus dihindari saat wajah berjerawat :
  1. Fast Food. Salah satu jenis makanan yang perlu dihindari saat berjerawat adalah fast food. Perawatan wajah berjerawat yang anda lakukan akan sia - sia jika fast food adalah kegemaran anda. Jenis makanan ini hanya akan menambah jerawat anda semakin parah karena makanan seperti fast food ini mengandung banyak lemak, sehingga bisa membuat jerawat anda semakin banyak dan lebih parah. 
  2. Kafein. Minuman mengandung kafein juga akan mengganggu perawatan wajah yang anda lakukan, selain itu dapat menjadi wajah berjerawat.  Kafein ini ternyata bisa menyebabkan hormon tubuh tidak seimbang, selain itu juga bisa menyebabkan stress, dan secara otomatis bisa mempengaruhi jerawat.
  3. Produk susu. Susu hanya akan menambah kadar lemak yang ada dalam tubuh, jika anda sering mengkonsumsi nya maka bisa berpengaruh pada jerawat. Karena bisa menyebabkan lebih parah, atau pun bisa membuat jerawat sulit untuk hilang. Kurangi kebiasaan minum susu saat perawatan wajah berjerawat.
  4. Gula. Jenis makanan yang dilarang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi gula atau makanan yang mengandung banyak gula. Ini bisa menyebabkan insulin menigkat. Jika sudah seperti, biasanya akan menyumbat pori pori pada kulit wajah, sehingga menyebabkan jerawat sulit hilang bahkan makin meradang.
Perawatan wajah berjerawat akan berhasil efektif jika anda bijak menyikapi apa yag perlu dilakukan dan dapat menghindari hal - hal yang dapat menjadi pemicu jerawat pada wajah anda.

0 Response to "Perawatan Wajah Berjerawat Yang Tepat Bikin Wajah Mulus Kembali"

Posting Komentar