Cara Memakai Masker Wajah Yang Benar Dan Berkhasiat


Cara memakai masker yang benar. Masker wajah sudah menjadi cara perawatan wajah yang sudah umum dilakukan banyak orang, tidak hanya wanita, penggunaan masker wajah juga banyak dilakukan oleh laki - laki.  Ini juga merupakan salah satu cara memutihkan wajah yang banyak dilakukan. Walaupun cara memakainya mudah namun terkadang pemahaman yang salah sehingga terjadi pemakaian yang salah ... akibatnya khasiat masker tidak terlihat. Akibat lebih lanjut dari cara memakai masker yang salah bahkan dapat merusak kulit wajah anda.

Perawatan wajah memakai masker tidak sekedar bagaimana cara memakai masker namun perlu juga memperhatikan aturan yang benar sehigga mendapatkan manfaat masker yang maksimal. Lalu bagaimana sih cara memakai masker yang benar ?

Memakai masker perawatan wajah tidak sekedar mengoleskannya, erikut ini adalah cara memakai masker wajah yang benar :

  1. Bersihkan wajah dari berbagai hal yang menutupnya seperti :  Make up, kotoran, debu, keringat, minyak, dan lain sebagainya adalah hal - hal yang menutup pori pori wajah. Sebelum menggunakan masker, silahkan Anda bersihkan dulu wajah Anda dengan menggunakan pembersih wajah, sehingga pori - pori wajah sudah siap menerima reaksi dari masker wajah secara langsung.
  2. Oleskan masker secara merata. Bagian wajah yang harus diolesi masker adalah keseluruhan wajah kecuali bagian bibir dan mata. Cara mengoleskan yang benar adalah secara tipis dan merata.
  3. Diamkan kurang lebih 15 - 30 menit. Agar khasiat dari masker meresap ke dalam pori pori kulit wajah, diamkan masker selama kurang lebih 15 - 30 menit menit. Usahakan jangan mengernyit, tertawa atau menggerakkan otot wajah saat sedang menggunakan masker, agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Bersihkan dengan menggunakan air hangat. Banyak orang yang keliru pada proses ini. Umumnya mereka membersihkan masker dengan menggunakan air dingin, padahal yang dianjurkan adalah menggunakan air hangat dengan kadar kehangatan hangat kuku. Caranya : Angkat makser yang sudah mengering dengan tisu atau handuk basah yang telah
  5. dicelupkan ke dalam air hangat. Bersihkan seluruh wajah dan leher hingga bersih.Bilas sampai semua masker terlepas dari wajah.
  6. Jika menggunakan masker berbahan gel atau kolagen, lepaskan masker dari bagian atas atau dahi ke arah bawah. Bersihkan wajah dengan handuk yang dibasahi air hangat.
  7. Keringkan dengan handuk bersih yang lembut. Pastikan handuk yang digunakan bersih dan memiliki tekstur yang lembut. Handuk yang berbahan kasar hanya akan melukai kulit wajah, dan handuk yang kurang bersih hanya akan membuat wajah ternoda oleh berbagai kotoran dan kuman penyakit.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ikuti aturan pemakaiannya berikut ini :

  • Untuk hasil maksimal, gunakan masker secara teratur 2-3 kali dalam seminggu.
  • Jika Anda memiliki kulit wajah kombinasi, cukup oleskan masker ke daerah  T atau bagian yang berminyak pada wajah, mulai dari dahi, hidung, dagu, dan bagian tengah pipi saja.
  • Jika kulit Anda sensitif, hendaknya melakukan tes kecil sebelum menggunakan masker pada wajah. Oleskan sedikit masker pada kulit tangan dan tunggu semalaman. Jika terjadi iritasi, lebih baik jangan menggunakan masker.
  • Hindari penggunaan masker hingga mengenai mata, terutama jika masker yang digunakan mengandung obat anti jerawat atau yang dapat mengakibatkan iritasi.
cara memakai masker yang benar
Jika anda sudah tahu bagaimana cara memakai masker wajah yang benar, sebenarnya ada hal lain yang juga penting berkenaan dengan cara merawat wajah menggunakan masker yaitu masalah jenis kulit wajah anda. 

Walaupun kita membuat masker alami menggunakan bahan buah misalnya, tetap harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah anda sehingga khasiat masker dapat bekerja dengan efektif.