Kebiasaan Buruk Ini Penyebab Pori - Pori Wajah Membesar


Penyebab pori - pori wajah membesar. Wajah dengan pori - pori yang besar memang akan membuat kulit wajah terlihat kurang menarik, karena lubang - lubang pori - pori cenderung terlihat dan kulit wajah terkesan tidak halus. Pada umumnya kita tidak menyadari sebenarnya apa yang menjadi penyebab pori - pori wajah membesar.

Menurut para ahli kecantikan, faktor keturunan merupkan salah satu penyebab pori pori wajah yang besar. Disamping itu kebiasaan yang buruk dalam memperlakukan wajah juga dapat menjadi pemicu membesarnya pori - pori kulit wajah. 


Paling tidak beberapa hal berikut ini adalah menjadi penyebab pori - pori wajah membesar :

  • Faktor keturunan atau genetik. Beberapa orang terlahir dengan ukuran pori-pori yang lebih besar, bila Anda memiliki orangtua dengan pori-pori besar dan berminyak, maka kecenderungan memiliki pori-pori besar semakin tinggi.
  • Perubahan Hormon. Pada saat menopause dan selama siklus haid, khususnya pada saat ovulasi, dapat meningkatkan ukuran pori-pori wajah pada wanita. Sebuah studi Journal of Investigative Dermatology pada tahun 1995 menunjukkan bahwa hormon yang dihasilkan selama produksi ovulasi meningkatkan sebum dan melebarkan pori-pori.
  • Paparan Sinar Matahari Secara Langsung. Matahari bisa menjadi salah satu penyebab utama pori-pori jadi terlihat membesar. Ketika berada di bawah sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan sel-sel pada permukaan kulitmu menjadi terlihat kental. Dampaknya, tampak kerutan dan rasa kendur pada bagian kulit wajah. Dengan hilangnya elastisitas kulit, maka dinding pori-pori pun juga ikut melebar.
  • Menggosok Wajah dengan Kasar. Seusai mencuci wajah misalnya, saat mengeringkan dengan handuk, seringkali kamu menggosok wajahmu dengan keras. Tujuannya memang supaya wajah terasa lebih bersih, namun menggosoknya dengan keras sebenarnya justru akan menyebabkan kulit menjadi terluka.
  • Apalagi jika kamu menggosok handuk dengan gerakan ke arah bawah. Hal ini malah akan merusak kulit wajahmu dan membuat pori-pori semakin membesar.
  • Memencet Jerawat dan Komedo. Kalau terdapat komedo atau jerawat di wajah, biasanya jari kita refleks untuk memencetnya. Padahal aktivitas ini menjadi penyebab paling parah pada kasus pelebaran pori. Apalagi bila kamu melakukan tindakan ini tanpa aseptik yang baik dan teknik yang benar. Dampaknya tidak main-main lho, pori-pori wajah akan terlihat lebih jelas bahkan berbagai kerusakan, antara lain hiperpigmentasi dan bekas jerawat atau kerap disebut dengan bopeng. Kalau sudah begini yang ada wajahmu malah semakin tampak rusak dan tidak menarik dipandang.
  • Merokok. Meski tidak langsung mempengaruhi ukuran pori-pori, merokok dapat menyebabkan kerutan dan menurunkan kemampuan kulit untuk menyembuhkan luka. Hal ini disebabkan karena zat berbahaya pada rokok dapat menempel di atas kulit wajahmu. Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, dampaknya akan terlihat dari ukuran pori-pori wajah yang membesar. Agar itu tidak terjadi, maka langkah yang paling penting adalah menghindari polusi asap rokok dan tentunya juga menghidari aktivitas merokok. Ya, selain berbahaya bagi kulit, rokok juga dapat menyebabkan gangguan masalah tubuh lainnya.
  • Kebersihan wajah kurang terjaga. Berlangsungnya proses regenerasi sel kulit wajah
    penyebab pori  pori wajah membesar
    yang kurang optimal ternyata juga berpengaruh pada timbulnya pori besar. Sel-sel kulit mati yang tertinggal di kulit dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat memperbesar ukurannya. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor, antara lain yaitu terlalu banyak minyak dan kotoran di wajah. Oleh sebab itu rutinlah membersihkan muka seusai beraktivitas adalah kewajiban. Jika kamu menggunakan makeup sehari-hari, pastikan setelah menggunakannya kamu membersihkan wajahmu dengan sebersih-bersihnya. Perbanyak juga meminum air putih agar kulit tetap terjaga kelembapannya sehingga proses regenerasi sel kulit dapat berlangsung secara maksimal.

Pori - pori wajah yang membesar akan membuat kondisi wajah menjadi semakin buruk. Berikut adalah akibat lebih lanjut yang dialami bila pori-pori kulit membesar, yaitu:

  • Minyak Berlebih. Pori-pori berfungsi untuk jalan keluar minyak atau sebum mencapai lapisan atas kulit yang dapat membuat kulit terasa halus. Tapi bila jalan keluar tersebut membesar, maka minyak yang mencapai lapisan kulit pun semakin banyak. Kondisi inilah yang dikenal sebagai wajah berminyak.
  • Mudah Berjerawat dan Komedo. Pori-pori yang besar memudahkan kotoran, debu dan sisa make up berperangkap di lapisan atas kulit. Hal ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat kulit mudah timbul jerawat dan komedo.
  • Tumbuh Lebih Banyak Rambut. Pori-pori yang sangat kecil membuat rambut kesulitan untuk mencapai permukaan kulit. Sebaliknya, bila Anda memiliki pori-pori yang besar, maka rambut atau bulu yang tumbuh di atas kulit akan semakin banyak.
Persoalan pori - pori wajah yang membesar sebenarnya juga merupakan  masalah penting dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari cara merawat wajah,  bahkan tidak kalah penting dengan problem wajah seperti memutihkan wajah.  Namun masalah pori - pori juga tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan, ada cara alami untuk mengatasinya misalnya dengan membuat masker wajah alami, khusus untuk mengecilkan pori - pori ... pelajari cara mengecilkan pori - pori wajah.